PENGARUH KEDISIPLINAN KERJA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV KEBUN TOBASARI

Sahat Parulian Remus Silalahi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kedisiplinan kerja dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Tobasari. Alasan pemilihan lokasi penelitian ini adalah karena PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Tobasari merupakan salah satu perusahaan perkebunan swasta nasional yang sedang berkembang.

Penelitian ini dilaksanakan di PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Tobasari mulai tanggal 22 Februari 2012 sampai dengan tanggal 30 Agustus 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu metode kuesioner.

Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan kerja dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan yang diinginkan oleh perusahaan digunakan beberapa teknik analisis data yaitu analisis asumsi klasik dan analisis regresi linear sederhana. Dari hasil output SPSS didapatkan bahwa hubungan antara kedisiplinan kerja dan produktivitas kerja karyawan adalah sebesar 52,4%, sedangkan sisanya 47,6% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini seperti motivasi kerja, gaya kepemimpinan dan faktor lainnya. Dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan kerja memberikan perngaruhpositif dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Tobasari.

Kata kunci: Kedisiplinan kerja, produktivitas kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Methodist Indonesia

Jalan Hang Tuah No. 8 Medan, Sumatera Utara 20152

http://methonomi.net

Jurnal Ilmiah METHONOMI is indexed by:

Indexed NelitiCom Indexed Google Scholar Indexed PKP Index Indexed NelitiCom http://garuda.ristekdikti.go.id/assets/img/garuda1.png