PERANAN MOTIVASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. BPR NBP 20 MEDAN

Mangasa Panjaitan

Abstract


Motivasi merupakan dorongan yang datang dari luar yang menciptakan kegairahan kerja sseorang atau kelompok kerja agar bersedia melakukan sesuatu guna mencapai tujuan yang ditetapkan. Motivasi juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja karyawan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. BPR NBP 20 Medan. Perusahaan ini bergerak dibidang keuangan untuk melayani nasabah dalam hal pembukaan rekening, pemberian kredit, tabungan, pembelian mata uang asing, pembelian dan pengiriman draft dan lain-lain. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah motivasi mempengaruhi produktivitas kerja karyawan pada PT. BPR NBP 20 Medan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan.

Untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan digunakan metode analisis korelasi sederhana dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan analisis diketahui korelasi sebesar 20,7% yang berarti besarnya pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan adalah sebesar 20,7% sedangkan 79,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar motivasi. Dapat disimpulkan bahwa motivasi yang diberikan berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan.


Keywords


Motivasi; Produktivitas Kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Methodist Indonesia

Jalan Hang Tuah No. 8 Medan, Sumatera Utara 20152

http://methonomi.net

Jurnal Ilmiah METHONOMI is indexed by:

Indexed NelitiCom Indexed Google Scholar Indexed PKP Index Indexed NelitiCom http://garuda.ristekdikti.go.id/assets/img/garuda1.png